Suzuki Splash, Bukti Kemapanan Jepang ( Review Detikoto )

img

Jakarta – Melihat tampangnya, kita tentu tidak asing lagi. Suzuki Splash memang sudah banyak mewarnai jalanan Indonesia. Tapi bagaimana dengang kemampuannya?

Sebelum menjajal performa mobil Suzuki Splash GL yang dilepas dengan harga standar sekitar Rp 148 juta ini, detikOto ingin sedikit membahas tampilan luar si sporty ini.

Anda yang ingin memodifikasi Splash sepertinya bisa merujuk pada tampilan Splash hasil modifikasi Suzuki ini. Suzuki menambahkan bodi kit dan mengganti pelek aslinya dengan pelek racing yang lebih keren.

Dari sisi eksterior, wajah Splash memang terlihat segar. Aplikasi headlamp yang berukuran cukup besar terbukti mampu membantu pengendara ketika gelap datang. Begitu pula dengan grill yang cukup besar membuat citra sporty makin kuat tertanam.

Garis dan lekuk tubuh mobil ini terlihat sederhana bila dibanding Chevrolet Spark, namun karakter kuat tetap terpancar dalam kesederhanaan tersebut. Bagian yang paling menyenangkan untuk dipandang selain bagian depan tentu saja ada bagian bokongnya. Buritan Suzuki Splash tampak unik dengan lekuk yang tidak biasa.

Masuk ke dalam kabin, nuansa lega terasa. Ini adalah efek positif dari tubuh Suzuki Splash yang memang tergolong tinggi untuk ukuran mobil mungil dengan lima penumpang.

Suzuki Splash memiliki head room dan leg room yang cukup lapang untuk penumpang di bagian depan dan bahkan untuk penumpang di baris kedua sekalipun.

Letak jok pengemudi mobil ini agak tinggi untuk ukuran sebuah hatchback, namun tidak mengurangi ergonomi pengendara ketika mengendalikan mobil ataupun ketika mengjangkau piranti hiburan yang berada di dashboard tengah.

Kunci kontak pun diputar dan mesin generasi terbaru K12M berbahan aluminium yang ringan dan sudah mengaplikasi Drive-By-Wire Technology mulai meraung lembut.

Respon pertama dari mesin injeksi yang memiliki konfigurasi 4 silinder segaris dengan kapasitas 1.200 cc, DOHC, 16 katup ini terasa mantap. Dapur pacu yang memiliki tenaga maksimum 85 PS di kitiran 6.000 rpm dengan torsi maksimum 113 Nm di 4.500 rpm ini pun terasa bertenaga baik di putaran bawah atau atas.

Ketika dipakai sebagai kendaraan sehari-hari yang harus melawan kemacetan jalan Jakarta, Suzuki Splash juga membuktikan dirinya sebagai mobil yang dapat diandalkan untuk warga kota.

Tubuhnya yang mungil membuat mobil ini memiliki kelebihan ketika meliuk dan membelah macet. Bila bosan menghadapi kemacetan, head unit yang menggunakan audio system yang dilengkapi CD player yang bisa memutar MP3, USB connection serta sistem aux-in yang dapat dihubungkan langsung dengan iPod pun siap menghibur.

Lalu bagaimana dengan performanya? Ternyata meski mungil dan terkesan hanya untuk lalu lintas perkotaan semata, kemampuan Splash juga cukup mumpuni. Ketika detikOto membawa mobil ini memasuki jalan bebas hambatan di malam hari, kecepatan 140 km perjam dapat dengan mudah terkail.

Apalagi petunjuk putaran rpm yang diletakkan terpisah dari panel indikator semakin memperkuat sensasi sporty mobil ini. Perpindahan gigi mobil ini juga terasa ringan dan halus.

Secara keseluruhan, dengan melihat respons, performa, tenaga, ergonomi dan kenyamanan yang diberikan oleh mobil yang didatangkan langsung dari negeri Bollywood, India tersebut, Splash pantas menjadi lawan kuat bagi para kompetitornya dan pilihan cerdas konsumen

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: